cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 25484435     EISSN : 26158752     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia telah memiliki P-ISSN: 2548-4435 (Media Cetak) dan E-ISSN : 2615-8752 (Media Online) yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu, yang memuat artikel-artikel yang berisi tentang hasil-hasil penelitian, telaah/tinjauan pustaka, kasus lapangan atau gagasan dalam bidang ilmu matematika dan Pendidikan Matematika.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 3, No 2 (2018)" : 7 Documents clear
Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Realistik yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP Herawaty, Dewi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6291

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran matematika Realistik yang Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa SMP. Metode penelitian ini adalah pengembangan. Hasil penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika SMP, dengan titik awal pembelajaran adalah masalah kontekstual sehingga siswa dapat melakukan proses matematisasi horizontal (melalui Fase Pemberian Masalah, Fase Berpikir, dan Fase Berpasangan) yang dilajutkan ke matematisasi vertikal (melalui Fase Eksplorasi, Fase Diskusi Hasil Eksplorasi, (6) Fase Penyimpulan).Prototipe rencana pelaksanaan pembelajaran matematika realitik adalah tertuang dalam sintaks pembelajaran sebagai berikut: a. Pendahuluan (5 menit); b.Kegiatan Inti: (1) Fase Pemberian Masalah (5 menit), (2) Fase Berpikir (10 menit), (3) Fase Berpasangan (10 menit), (4) Fase Eksplorasi (20 menit), (5) Fase Diskusi Hasil Eksplorasi (17 menit), (6) Fase Penyimpulan (10 menit); dan diakhiri dengan c. Penutup (3 menit).
Penerapan Model SRP untuk Meningkatkan Kemampuan Membuktikan dan Kemampuan Representasi Matematis Isran, Dodi
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6296

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan bahan ajar analisis real berbasis model struktur refresentasi pengetahuan mahasiswa pendidikan matematika (Extended Triad Level ++) yang valid, praktis dan efektif serta dapat meningkatkan kemampuan membuktikan dan kemampuan representasi matematis. Penelitian ini juga melihat pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasisi Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang berdasarkan pengembangan Plomp. Bahan ajar yang dikembangkan berupa Buku Ajar, Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM), Rencana Pembelajaran, dan Tes Hasil Belajar (THB). Subyek penelitian adalah Mahasiswa Pendidikan Matematika (S1) Universitas Bengkulu dan Universitas Muhammadiyah Bengkulu semester VI. Dengan hasil penelitian, (1) menghasilkan bahan ajar berbasis Model Struktur Representasi Pengetahuan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Extended Triad Level++). (2) terdapat perbedaan pengaruh linier kovariat pretes terhadap kemampuan pembuktian dan kemampuan representasi matematis kelas eksperimen (Bahan Ajar Berbasis Extended Triad Level ++) dan kelas kontrol serta perbedaan pada level perguruan tinggi.
Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep dan Model Pembelajaran Luar Kelas Syefriyani, Detty
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6297

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Pencapaian Konsep Dan Model Pembelajaran Luar Kelas Di SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasy experiment) yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. Sampel dalam penelitian ini diperlukan 2 kelas yang mempunyai distribusi normal dan varians yang homogen. adalah siswa kelas VII 3 dan VII 4 SMP Negeri 11 Kota Lubuklinggau. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar dengan model pembelajaran pencapaian konsep dan pembelajaran luar kelas di SMP Negeri 11 Lubuklinggau, tampak nilai statistik t hitung = - 2, 460 dengan angka signifikansi 0,017.
Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Kota Bengkulu Suharto, Suharto
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. (2) Pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu, dan (3) Pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dan menurut metodenya merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru ekonomi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu. Penelitian ini termasuk penelitian populasi dengan responden sebanyak 52 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,302, nilai thitung sebesar 2,209, dan nilai signifikansi 0,032. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru matematika Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai koefisien regresi sebesar 1,139, nilai thitung sebesar 5,174, dan nilai signifikansi 0,000. (3) Terdapat pengaruh supervisi akademik kepala sekolah dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru matematika  Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Bengkulu dengan nilai Fhitung sebesar 26,611 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.
Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Prestasi Matematika Belajar Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu Amri, Syaipul
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6309

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan mengkaji kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka, prestasi belajar dan pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka terhadap prestasi belajar mata pelajaran Matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif, tetapi peneliti melakukan perlakuan untuk mengumpulkan data dengan mengedarkan kuisioner, test, wawancara terstruktur. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala Psikologi (skala kepercayaan diri) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dengan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaan. Teknik analisis data digunakan dua jenis analisis yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sangat memuaskan.  Sumbangan pengaruh variabel kepercayaan diri (self confidence) berbasis Ekstrakurikuler Pramuka sebesar 94,1% sedangkan sisanya sebesar 5,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Efektifitas Etnomatematika dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Sarwoedi, Sarwoedi; Marinka, Desi Okta; Febriani, Peni; Wirne, I Nyoman
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31186/jpmr.v3i2.6331

Abstract

Etnomatematika adalah matematika dalam suatu budaya. Budaya yang dimaksud adalah kebiasaan-kebiasaan perilaku manusia dalam lingkungannya, seperti perilaku kelompok masyarakat perkotaan atau pedesaan, kelompok kerja, kelas profesi, siswa dalam kelompok umur, masyarakat pribumi, dan kelompok-kelompok tertentu lainnya. Berbagai Upaya telah dilakukan untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajar siswa terhadap matematika. Misalnya perbaikan dalam kurikulum, metode, serta model pembelajaran yang diterapkan. Dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan siswa. Salah satu upaya tersebut adalah melalui pembelajaran yang berbasis etnomatematika. Pembelajaran matematika berbasis etnomatematika terbukti efektif dalam meningkatkan  kemampuan pemahaman matematika siswa. Hal ini terbukti bahwa dari hasil penelitian dan beberapa indiktor kemampuan pemahaman siswa menyatakan bahwa ada pengaruh etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman matematika siswa, yaitu dalam hal Mengidentifikasi, Menerjemah, menafsirkan makna simbol, Memahamai dan menerapkan ide matametis, Membuat suatu eksplorasi (perkiraan). Serta meningkatnya perolehan nilai hasil belajar siswa. 
Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyesaikan Soal-Soal PISA (Programme for International Student Assessment) di SMP Kota Bengkulu Haji, Saleh; Yumiati, Yumiati; Zamzaili, Zamzaili
Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Pascasarjana Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33449/jpmr.v3i2.6884

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan siswa SMP Kota bengkulu dalam menyelesaikan soal-soal PISA ((Programme for International Student Assessment). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian sebanyak 100 orang, siswa kelas VIII dari SMP 2, 4, 6, 11, 16, dan SMP IT Kota Bengkulu. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA pada sekolah level tinggi adalah 59,39, sekolah level sedang adalah 43,75, dan sekolah level rendah adalah 28,01. 2) Kesulitan-kesulitan siswa yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal PISA sebagai berikut: a. Kesulitan dalam memahami soal; b.   Kesulitan dalam mengkaitkan aspek kehidupan nyata ke dalam permasalahan (model) matematika; c. Kesulitan dalam melakukan operasi matematika; dan d. Kesulitan dalam menginterpretasikan hasil penyelesaian matematika ke masalah dunia nyata.

Page 1 of 1 | Total Record : 7